SMART
TECHNOLOGY
Nama : Jimmy Haris Sitompul
Pangkat : Serda
Nosis : 20190426-E
1. Tujuan : Agar Bamasis Menguasai Tentang Smart
Technology.
2. Pengertian :
Smart
Technology adalah suatu teknik pemanfaatan produk-produk
pintar dengan biaya yang rendah, waktu yang singkat dan cara yang mudah. smart
technology adalah teknologi yang melampaui cara pengiriman dan penerimaan
normal. Sebagai contoh misalnya seperti user (pengguna) yang mencari informasi
dan cara tradisional cara menghidupkan dan mematikan sesuatu. Sebaliknya,
teknologi pintar menawarkan lebih banyak interaksi dan kontrol kepada konsumen,
melalui penggunaan internet.
3.
Macam – macam Smart Technology :
a. Smart
Missile
·
Guidance System (Sistem
Panduan)
Peralatan yang memandu pesawat
terbang secara visual menuju ke tempat parkir di Apron secara otomatis. Sistem
panduan ini dirancang untuk memberikan penuntun docking dengan cepat halus dan
presisi sampai pada gate terminal.
Sistem navigasi terdiri daripada gyroscope sederhana, sensor udara, dan altimeter. Arahan panduan adalah ketinggian sasaran, halaju sasaran, masa pelayaran, masa pemotongan mesin. Sistem bimbingan mempunyai tiga sub-bahagian utama: Input, Pemprosesan, dan Output. Bahagian input termasuk sensor, data kursus, pautan radio dan satelit, dan sumber maklumat lain. Seksyen pemprosesan, terdiri daripada satu atau lebih CPU, mengintegrasikan data ini dan menentukan tindakan, jika ada, diperlukan untuk mengekalkan atau mencapai tajuk yang tepat.
·
Fire and Forget
Fire and forget adalah jenis panduan rudal yang tidak memerlukan panduan lebih lanjut setelah peluncuran seperti penerangan target atau panduan kabel, dan dapat mengenai targetnya tanpa peluncur berada dalam garis pandang dari target. Ini adalah properti penting yang dimiliki senjata berpemandu, karena orang atau kendaraan yang tetap berada di dekat target untuk mengarahkan misil (menggunakan, misalnya, penunjuk laser) rentan terhadap serangan dan tidak dapat melakukan tugas lain.
Umumnya, informasi tentang
target diprogram ke dalam rudal sesaat sebelum diluncurkan. Ini dapat mencakup
koordinat, pengukuran radar (termasuk kecepatan), atau gambar inframerah dari
target. Setelah ditembakkan, misil memandu dirinya sendiri dengan kombinasi
giroskop dan akselerometer, GPS, pelacak radar aktif organik, dan optik pelacak
inframerah. Beberapa sistem menawarkan opsi untuk masukan lanjutan dari
platform peluncuran atau api-dan-lupakan.
Rudal tembak dan lupakan juga
memiliki kecenderungan untuk dibelokkan oleh sistem soft-kill pada tank tempur
utama modern serta juga dihancurkan oleh sistem hard-kill. Berbeda dengan RPG
terarah yang membutuhkan sistem hard-kill (proyektil balasan yang digunakan
untuk menghancurkan rudal yang masuk), rudal tembak dan lupakan sering kali
dapat macet dengan cara seperti dazzler elektro-optik.
·
Perbedaan Guidance System dan Fire
and Forget
Fire and Forget adalah suatu kepintaran pada sistem pengunci sasaran yang mampu mengirimkan perintah ke seeker yang mengunci sasaran. Setelah rudal meluncur, seeker section pada bagian depan rudal mengambil alih seluruh kinematik rudal dan mengarahkannya ke sasaran, independen dari penembak kecuali ada interupsi dari penembak. Untuk mengunci sasaran, penembak tinggal melihat display di dalam kotak pengunci sasaran/CLU (Command Launch Unit) dengan cara menempakan sasaran di tengah-tengah dua garis bracket (track box), menempatkannya sedemikian rupa sehingga sasaran memenuhi batas pinggir braket.
Selama proses ini, seeker akan berusaha memfokuskan image yang tertangkap di CLU, berusaha mengenalinya dan memasukkan algoritma gerakan kendaraan relatif terhadap posisi peluncur. Seeker dapat mengompensasi kendaraan yang bergerak sampai batas kecepetan 150 meter per detik atau 540 km per jam. Bisa dikata, mobi balap Formula 1 pun masih bisa dikunci oleh Javelin.
Kelemahan dari sistem seeker yang bekerja terus
menerus adalah panas berlebih yang dihasilkannya. Untuk mempercemat proses
pendinginan, maka disediakan satu sistem pendinginan bernama BCU (Battery
Coolant Unit) yang tidak dipasang di tubuh rudal, melainkan di sisi kanan luar
tabung peluncur. Sebelum peluncuran, BCU mengaktifkan sistem elektrik di rudal
dan menyediakan gas dingin argon yang bekerja berdasar prinsip mekanika Joule
Thompson ke komponen seeker saat rudal masih berada di dalam tabung. Saat rudal
meluncur, ganti tabung kecil argon di dalam rudal yang menyuplai gas dingin
selama rudal terbang di udara hingga durasi 19 detik. Apabila seeker diaktifkan
namun rudal tidak ditembakkan, maka BCU harus diganti apabila durasinya
melewati empat menit.
b. Smart Bomb
Bom pintar atau bom terpandu adalah amunisi berpemandu presisi yang dirancang untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi. Bom pintar juga bisa mengacu pada:
·
Amunisi yang dipandu dengan presisi
·
Smart Bomb Interactive, sebuah studio
pengembangan video game yang berbasis di Salt Lake City, Utah
·
Smart Bomb (video game), video game puzzle
tahun 2005 untuk PSP
·
Smartbomb (buku), sebuah buku tahun 2005
tentang industri video game
·
"Smartbomb", lagu BT dari album
Movement in Still Life
·
Smartbomb (EP), EP oleh Left Spine Down
·
Smart Bomb (EP), EP oleh Thrush Hermit
c. UAV (Unmanned
Aerial Vehicle)
·
Rudal Subsonic (Rudal 3M-54 Klub)
3M-54 adalah rudal antikapal domestik yang diluncurkan dari kapal permukaan dan kapal selam, dikembangkan oleh Biro Desain Novator (OKB-8). Penamaan menurut Departemen Pertahanan AS (DOD) adalah SS-N-27A, dengan kode NATO Sizzler.
Versi ekspor adalah 3M-54E dan 3M-54E1. 3M-54E memiliki sebutan DOD, SS-N-27B, (tidak memiliki nama sesuai kodifikasi NATO). 3M-54 dan 3M-54E, pada tahapan terakhir peluncuran, dapat melakukan laju supersonik ke arah target, mengurangi kesempatan sistem pertahanan target untuk bereaksi. 3M-54E1 memiliki kemampuan kecepatan subsonik di seluruh penerbangannya. Jarak jelajahnya lebih panjang dari 3M-54E.
Nama "Klub" digunakan untuk versi ekspor, 3M-54E dan 3M54E1.
Rudal menggunakan sistem modular dengan lima varian yang
berbeda: dua jenis anti-kapal, satu untuk serangan darat land attack, dan dua
dengan peran anti-kapal selam. Rudal ini dirancang untuk berbagi varian antara
peluncuran permukaan dan peluncuran kapal selam. Tetapi masing-masing rudal
terdiri dari komponen yang berbeda, misalnya, booster. Rudal dapat diluncurkan
dari kapal permukaan menggunakan Vertical Launched System (VLS). Memiliki
penguat dengan kemampuan dorong vectoring. Rudal diluncurkan dari kapal selam
tidak memerlukan penambahan tersebut, tetapi memiliki booster konvensional
sebagai gantinya.