SMART TECHNOLOGY

 

Nama             : Jimmy Haris Sitompul

Pangkat         : Serda

Nosis              : 20190426-E

 

 

1.    Tujuan           : Agar Bamasis Menguasai Tentang Smart Technology.

 

2.    Pengertian    :

Smart Technology adalah suatu teknik pemanfaatan produk-produk pintar dengan biaya yang rendah, waktu yang singkat dan cara yang mudah. smart technology adalah teknologi yang melampaui cara pengiriman dan penerimaan normal. Sebagai contoh misalnya seperti user (pengguna) yang mencari informasi dan cara tradisional cara menghidupkan dan mematikan sesuatu. Sebaliknya, teknologi pintar menawarkan lebih banyak interaksi dan kontrol kepada konsumen, melalui penggunaan internet.

 

3.    Macam – macam Smart Technology :

 

a.    Smart Missile

·         Guidance System (Sistem Panduan)



Peralatan yang memandu pesawat terbang secara visual menuju ke tempat parkir di Apron secara otomatis. Sistem panduan ini dirancang untuk memberikan penuntun docking dengan cepat halus dan presisi sampai pada gate terminal.

 Sistem panduan adalah peranti atau kumpulan peranti yang digunakan dalam navigasi kapal, pesawat, peluru berpandu, roket, satelit, atau objek bergerak yang lain. Biasanya, bimbingan bertanggungjawab untuk pengiraan vektor ke arah objektif, sedangkan navigasi merujuk kepada sistem yang diperlukan untuk mengira kedudukan semasa. Kawalan sistem pengiraan mengambil sebagai input: Navigasi, Panduan, alam sekitar dan ciri-ciri kenderaan untuk membuat arahan kepada sistem kawalan. tanpa kawalan manusia langsung atau berterusan. Salah satu contoh paling awal sistem bimbingan yang benar adalah yang digunakan dalam V-1 Jerman semasa Perang Dunia II.

Sistem navigasi terdiri daripada gyroscope sederhana, sensor udara, dan altimeter. Arahan panduan adalah ketinggian sasaran, halaju sasaran, masa pelayaran, masa pemotongan mesin. Sistem bimbingan mempunyai tiga sub-bahagian utama: Input, Pemprosesan, dan Output. Bahagian input termasuk sensor, data kursus, pautan radio dan satelit, dan sumber maklumat lain. Seksyen pemprosesan, terdiri daripada satu atau lebih CPU, mengintegrasikan data ini dan menentukan tindakan, jika ada, diperlukan untuk mengekalkan atau mencapai tajuk yang tepat.

·         Fire and Forget



Fire and forget adalah jenis panduan rudal yang tidak memerlukan panduan lebih lanjut setelah peluncuran seperti penerangan target atau panduan kabel, dan dapat mengenai targetnya tanpa peluncur berada dalam garis pandang dari target. Ini adalah properti penting yang dimiliki senjata berpemandu, karena orang atau kendaraan yang tetap berada di dekat target untuk mengarahkan misil (menggunakan, misalnya, penunjuk laser) rentan terhadap serangan dan tidak dapat melakukan tugas lain. 

Umumnya, informasi tentang target diprogram ke dalam rudal sesaat sebelum diluncurkan. Ini dapat mencakup koordinat, pengukuran radar (termasuk kecepatan), atau gambar inframerah dari target. Setelah ditembakkan, misil memandu dirinya sendiri dengan kombinasi giroskop dan akselerometer, GPS, pelacak radar aktif organik, dan optik pelacak inframerah. Beberapa sistem menawarkan opsi untuk masukan lanjutan dari platform peluncuran atau api-dan-lupakan.

 


Rudal tembak dan lupakan juga memiliki kecenderungan untuk dibelokkan oleh sistem soft-kill pada tank tempur utama modern serta juga dihancurkan oleh sistem hard-kill. Berbeda dengan RPG terarah yang membutuhkan sistem hard-kill (proyektil balasan yang digunakan untuk menghancurkan rudal yang masuk), rudal tembak dan lupakan sering kali dapat macet dengan cara seperti dazzler elektro-optik.

 

·         Perbedaan Guidance System dan Fire and Forget

Fire and Forget adalah suatu kepintaran pada sistem pengunci sasaran yang mampu mengirimkan perintah ke seeker yang mengunci sasaran. Setelah rudal meluncur, seeker section pada bagian depan rudal mengambil alih seluruh kinematik rudal dan mengarahkannya ke sasaran, independen dari penembak kecuali ada interupsi dari penembak. Untuk mengunci sasaran, penembak tinggal melihat display di dalam kotak pengunci sasaran/CLU (Command Launch Unit) dengan cara menempakan sasaran di tengah-tengah dua garis bracket (track box), menempatkannya sedemikian rupa sehingga sasaran memenuhi batas pinggir braket.

Selama proses ini, seeker akan berusaha memfokuskan image yang tertangkap di CLU, berusaha mengenalinya dan memasukkan algoritma gerakan kendaraan relatif terhadap posisi peluncur. Seeker dapat mengompensasi kendaraan yang bergerak sampai batas kecepetan 150 meter per detik atau 540 km per jam. Bisa dikata, mobi balap Formula 1 pun masih bisa dikunci oleh Javelin.

Kelemahan dari sistem seeker yang bekerja terus menerus adalah panas berlebih yang dihasilkannya. Untuk mempercemat proses pendinginan, maka disediakan satu sistem pendinginan bernama BCU (Battery Coolant Unit) yang tidak dipasang di tubuh rudal, melainkan di sisi kanan luar tabung peluncur. Sebelum peluncuran, BCU mengaktifkan sistem elektrik di rudal dan menyediakan gas dingin argon yang bekerja berdasar prinsip mekanika Joule Thompson ke komponen seeker saat rudal masih berada di dalam tabung. Saat rudal meluncur, ganti tabung kecil argon di dalam rudal yang menyuplai gas dingin selama rudal terbang di udara hingga durasi 19 detik. Apabila seeker diaktifkan namun rudal tidak ditembakkan, maka BCU harus diganti apabila durasinya melewati empat menit.

 

b.    Smart Bomb



Bom pintar atau bom terpandu adalah amunisi berpemandu presisi yang dirancang untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi. Bom pintar juga bisa mengacu pada: 

·         Amunisi yang dipandu dengan presisi

·         Smart Bomb Interactive, sebuah studio pengembangan video game yang berbasis di Salt Lake City, Utah

·         Smart Bomb (video game), video game puzzle tahun 2005 untuk PSP

·         Smartbomb (buku), sebuah buku tahun 2005 tentang industri video game

·         "Smartbomb", lagu BT dari album Movement in Still Life

·         Smartbomb (EP), EP oleh Left Spine Down

·         Smart Bomb (EP), EP oleh Thrush Hermit

 

c.    UAV (Unmanned Aerial Vehicle)

·         Rudal Subsonic (Rudal 3M-54 Klub)



3M-54 adalah rudal antikapal domestik yang diluncurkan dari kapal permukaan dan kapal selam, dikembangkan oleh Biro Desain Novator (OKB-8). Penamaan menurut Departemen Pertahanan AS (DOD) adalah SS-N-27A, dengan kode NATO Sizzler.

Versi ekspor adalah 3M-54E dan 3M-54E1. 3M-54E memiliki sebutan DOD, SS-N-27B, (tidak memiliki nama sesuai kodifikasi NATO). 3M-54 dan 3M-54E, pada tahapan terakhir peluncuran, dapat melakukan laju supersonik ke arah target, mengurangi kesempatan sistem pertahanan target untuk bereaksi. 3M-54E1 memiliki kemampuan kecepatan subsonik di seluruh penerbangannya. Jarak jelajahnya lebih panjang dari 3M-54E.

Nama "Klub" digunakan untuk versi ekspor, 3M-54E dan 3M54E1.

Rudal menggunakan sistem modular dengan lima varian yang berbeda: dua jenis anti-kapal, satu untuk serangan darat land attack, dan dua dengan peran anti-kapal selam. Rudal ini dirancang untuk berbagi varian antara peluncuran permukaan dan peluncuran kapal selam. Tetapi masing-masing rudal terdiri dari komponen yang berbeda, misalnya, booster. Rudal dapat diluncurkan dari kapal permukaan menggunakan Vertical Launched System (VLS). Memiliki penguat dengan kemampuan dorong vectoring. Rudal diluncurkan dari kapal selam tidak memerlukan penambahan tersebut, tetapi memiliki booster konvensional sebagai gantinya.